JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES AND THEIR ACHIEVEMENT IN SPEAKING: A CASE STUDY AT SMP NEGERI 3 PADANG PANJANG

Yanita Rahmadeni(1), Zul Amri(2), Aryuliva Adnan(3),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
(3) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2629

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tipe strategi belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan bahasa Inggris siswa melalui strategi belajar yang mereka terapkan dalam belajar. Metode penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan 50 siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Padang Panjang sebagai sumber data penelitian. Angket digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan informasi mengenai strategi belajar siswa. Data dari angket dianalisa untuk mengetahui strategi yang paling banyak digunakan siswa. Kemudian data tersebut dibandingkan dengan nilai siswa untuk melihat kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris melalui strategi yang digunakan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa sebagian besar siswa memilih metacognitive strategi sebagai strategi yang mereka gunakan dalam belajar. Selain itu, dari analisa nilai siswa, sebagian besar siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dalam berbicara bahasa Inggris menggunakan metacognitive strategi dalam belajar. Melalui metacognitive strategi, siswa dimudahkan untuk mengevaluasi kemampuan mereka sehingga mereka dapat mengetahui apa yang harus mereka tingkatkan dan bagaimana mereka meningkatkan belajar mereka.

Key Words: learning strategies, learning strategies for speaking, learning achievement


Article Metrics

 Abstract Views : 813 times
 PDF Downloaded : 501 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)