Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat situasi pengajaran listening skill pada mata pelajaran listening untuk mendapatkan informasi mengenai masalah-masalah yang dihadapi siswa kelas XI SMA N 10 Padang yang berkaitan dengan materi listening skill dan untuk melihat kebutuhan mereka terhadap materi listening skill dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan seluruh siswa kelas XI SMA N 10 Padang, serta guru Bahasa Inggris kelas XI di SMA N 10 Padang. Angket digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan dan masalah yang dihadapi siswa, sementara untuk mengetahui situasi pengajaran listening dilakukan melalui interview. Berdasarkan hasil penelitian analisa situasi, ditemukan bahwa materi listening skill yang tersedia untuk mendukung kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris masih minim meskipun terdapat fasilitas yang memadai di SMA N 10. Kemudian, untuk penelitian analisa kebutuhan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang mendapat kesulitan dalam menguasai listening skill pada mata pelajaran Bahasa Inggris baik dilihat dari segi input, topic, language dan juga task.

Key Words: students‟ needs analysis, situation analysis, listening material