USING DIGITAL STORYTELLING TO TEACH SPEAKING AT SENIOR HIGH SCHOOL

Rahmatika Putri(1), Havid Ardi(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2615

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana menggunakan teknik digital storytelling dalam pengajaran speaking atau berbicara pada siswa sekolah menengah atas. Melalui metode ini siswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara dan rasa percaya diri mereka. Langkah-langkah dalam pengajaran kemampuan berbicara dengan menggunakan digital storytelling; pertama guru menyediakan sebuah teks narasi yang berunsurkan dongeng misalnya sebuah cerita “Jonah” untuk membangkitkan pemahaman dasar materi yang dipelajari. Setelah itu, guru menampilkan sebuah video, siswa diminta untuk mendiskusikan dan mengembangkan pemahamanya tentang isi dari video tersebut. Siswa diminta untuk menceritakan kembali video tersebut dan guru menjelaskan kepada siswa struktur bahasa yang ada dalam teks tersebut, lalu memberikan penjelasan tentang digital storytelling dengan contoh sebuah teks narasi yang telah diberikan sebelumnya. Kemudian, guru meminta siswa membuat sebuah cerita dalam bentuk digital storytelling dengan membagi siswa kedalam kelompok, memilih topik yang akan di diskusikan, membuat kerangka cerita berdasarkan topik yang dipilih. Guru membimbing siswa dan juga mengingatkan siswa tentang 7 elemen dari digital storytelling. Setelah siswa selesai menulis dan merekam cerita, siswa langsung menampilkan video digital storytelling.

Keyword: Digital storytelling, narrative text, speaking.


Article Metrics

 Abstract Views : 1923 times
 PDF Downloaded : 775 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)