USING SKIT STRATEGY IN TEACHING SPEAKING AT SENIOR HIGH SCHOOL

Lindo Mardian(1), Zul Amri(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2604

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana menggunakan skit strategi dalam pengajaran speaking atau berbicara pada siswa sekolah menengah atas. Melalui metode ini, siswa diharapkan bisa meningkatkan kemampuan berbicara dan rasa percaya diri mereka. Langkah-langkah dalam pengajaran kemampuan berbicara ini adalah Preparation, dimana guru telah menyediakan sebuah teks narasi misalnya sebuah cerita “the frog Prince” setelah itu,guru akan masuk kepada activities I, melalui tahap ini, guru akan membangkitkan pemahaman dasar akan materi yang dipelajari, setelah itu, guru akan masuk kepada activities II, dimana siswa diminta untuk membaca teks tersebut dan mencari berapa banyak tokoh yang ada yang nantinya akan menjadi pedoman kepada siswa untuk membuat naskah drama serta menjadi penentu bagi siswa yang akan duduk di dalam satu kelompok.Guru akan menjelaskan kepada siswa generic structure yang ada dalam sebuah teks tersebut, lalu memberikan penjelasan bagaimana menulis naskah drama atau skit dengan contoh sebuah teks narasi yang telah diberikan sebelumnya. Kemudian, guru akan memberikan beberapa buah teks yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh guru dan membentuk beberapa kelompok berdasarkan benyaknya tokoh yang ada didalam sebuah teks. Setelah itu, siswa yang telah diberi kelompok akan menulis naskah drama. Setelah siswa selesai menulis drama, mereka akan langsung menampilkan hasil naskah drama atau skit tadi dengan cara bermain peran.

Key words: Speaking, Skit strategy


Article Metrics

 Abstract Views : 1455 times
 PDF Downloaded : 216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)