USING VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY (VSS) TO INCREASE MASTERY THE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ VOCABULARY

Indrian Juwita(1), Sunaryo Sunaryo(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i1.2597

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak


Makalah ini bertujuan untuk memaparkan salah satu strategi pengajaran vocabulary di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggunakan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS). Strategy ini dapat dingunakan untuk meningkatkan pengetahuan kosakata siswa dan menumbuhkan motivasi internal siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Dalam strategy ini, siswa diberi kepercayaan untuk dapat menemukan arti dari kosakata sulit yang mereka anggap penting dan menarik untuk mereka ketahui berdasarkan topik yang telah diberikan guru pada akhir pelajaran sebelumnya. Pada pertemuan berikutnya, satu persatu siswa diminta untuk menulis kata di papan tulis dan mempresentasikan kata tersebut di depan kelas. Dalam presentasi, siswa menjelaskan dimana mereka menemukan kata tersebut, apa arti kata tersebut menurut pendapat mereka dan mengapa dia dan siswa lain harus tahu arti kata tersebut. Setelah presentasi, guru dan seluruh siswa memberikan informasi tambahan mengenai kata-kata yang telah dipresentasikan. Dalam diskusi ini, dilakukan penyisihan terhadap kata-kata yang muncul lebih dari satu kali dan kata-kata yang dianggap seluruh siswa sudah mengetahui artinya. Kata-kata yang terpilih pada akhirnya akan ditulis kembali ke dalam daftar kata pribadi mereka. Peran guru adalah memantau dan menilai hasil kerja siswa dan mendiskusikan kata-kata baru tersebut bersama-sama di dalam kelas. Penulis yakin bahwa strategi ini dapat bermanfaat bagi guru dalam peningkatan motivasi anak-anak dalam belajar Bahasa Inggris. Selain itu, strategi ini juga dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap Bahasa Inggris dan hal ini dapat memberikan dampak positif dalam proses belajar mengajar.


Article Metrics

 Abstract Views : 3302 times
 PDF Downloaded : 856 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)