Abstract


Abstrak


Dalam Paper ini penulis membahas tentang meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan dan menarik kembali minat siswa dalam membaca dengan menggunakan teknik Herringbone. Teknik ini bisa di gunakan pada siswa kelas 4 sampai kelas 12, namun dalam Paper ini penulis lebih memilih untuk menggunakan teknik ini pada siswa SMP karena berdasarkan pengamatan di lapangan banyak siswa SMP kurang tertarik dan merasa bosan belajar bahasa Inggris khususnya membaca, hal ini di sebabkan karena kemampuan membaca mereka yang rendah dan begitu banyak kosa kata baru yang menyebabkan mereka malas untuk membaca. Teknik Herringbone adalah proses membuat garis besar terstruktur yang di rancang untuk membantu siswa mengorganisasikan informasi penting dalam sebuah teks. Dalam teknik ini guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, lalu guru memberikan sebuah teks, beberapa pertanyaan dan bagan berbentuk ikan, kemudian guru meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan dan menuliskan jawabannya pada bagan, kemudian siswa diminta mencari ide utama dari teks berdasarkan jawaban-jawaban yang telah mereka temukan. Teknik ini lebih tepat di tujukan pada siswa yang kemampuan belajarnya di bawah rata-rata sehingga siswa tersebut bisa memahami teks.

Key words : Outlining, answer the questions and fish diagram