TEACHING WRITING A NARRATIVE TEXT TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS BY USING PROBABLE PASSAGE STRATEGY

Masvani Marulafau(1), Muhammad Al-Hafizh(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v1i3.2364

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak


Makalah ini bertujuan untuk memperkenalkan cara pengajaran writing narrative text dengan menggunakan probable passage strategy. Strategi probable passage merupakan cara yang komunikatif dalam pengajaran writing. Seorang guru membimbing siswa untuk memulai menulis teks naratif dengan memperkenalkan beberapa kosa kata inti yang terdiri dari kata kerja, kata sifat, tokoh, latar, masalah, penyelesaian masalah, dan akhir cerita. Guru menjelaskan setiap kata kunci yang diberikan, baik itu arti kata maupun penggunaannya dalam kalimat. Guru juga perlu mengelompokkan beberapa kata yang bisa digunakan dalam satu kalimat, seperti yang ada dalam teks naratif sebenarnya. Berdasarkan kata kunci tesebut, siswa mencoba menulis sebuah teks naratif berdasarkan apa yang mereka pahami dari kata kunci yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan strategi probable passage, siswa akan lebih mudah untuk menulis sebuah teks naratif.


Article Metrics

 Abstract Views : 435 times
 PDF Downloaded : 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)