Abstract


Berdasarkan kurikulum 2013 yang digunakan di Indonesia, siswa diwajibkan untuk bisa menulis. Namun, mengajarkan siswa menulis bukanlah hal yang mudah, dan mengajarkan mereka menulis dengan menggunakan teknik biasa dan konvensional kadang terasa kurang efektif. Oleh karena itu, guru harus memiliki inisiatif untuk menggunakan teknik mengajar khusus yang diharapkan bisa membuat siswa menulis. Guru dalam hal ini perlu memilih teknik mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Salah satu teknik mengajar yang cocok untuk digunakan adalah Jot Thoughts. Teknik ini bisa digunakan untuk semua jenis text, khusus nya procedure text. Dalam penerapannya, guru harus membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap anggota dalam satu kelompok harus membantu anggota yang lainnya karena tujuan harus lah dicapai secara berkelompok. Dengan kata lain, Jot Thoughts adalah kegiatan kelas yang dilakukan secara berkelompok. Awalnya, siswa diberikan beberapa pertanyaan dan waktu berpikir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Setiap siswa harus terlibat dengan menuliskan jawaban dari setiap pertanyaan di kertas kecil. Setelah semua pertanyaan terjawab, siswa secara berkelompok mengumpulkan jawaban dan berdiskusi. Mereka memilah dan memilih mana jawaban yang bisa digunakan dan mana yang pantas untuk dibuang. Jawaban-jawaban tersebut kemudian disusun menjadi sebuah text yang padu. Teknik ini bagus untuk digunakan dan sangat disarankan. Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini. Namun, dari itu semua yang paling penting adalah, siswa setelah melalui kegiatan tersebut akan beranggapan bahwa menulis adalah kegiatan yang menyenangkan.


Keywords


Game, ELT, Teacher