The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Setelah berdebat panjang lebar melalui media massa dan proses sosialisasi ke berbagai perguruan tinggi dan organisasi-organisasi di bidang pendidikan, akhirnya pemerintah (Kemendikbud) memutuskan pelaksanaan Kurikulum 2013 dimulai tahun ini. Kurikulum baru yang diluncurkan oleh Mendikbud hari Senin tanggal 15 Juli 2013 di SMAN 1 Bantul, Yogyakarta, ini diterapkan secara bertahap di 6500 sekolah (SD, SMP, dan SMA/SMK) untuk tiga mata pelajaran: Matematika, Sejarah Indonesia, dan Bahasa Indonesia. Peristiwa ini menandai perubahan yang menurut Mendikbud sangat dibutuhkan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Kurikulum baru ini diharapkan mendorong siswa agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan (mempresentasikan) apa yang diperoleh atau diketahui setelah menerima materi pembelajaran.1