The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk meneliti proses pengembangan koleksi pada perpustakaan STITMA Yogyakarta. Metode yang dgunakan yaitu menggunakan metode observasi, dan wawancara. Observasi merupakan cara pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara langsung. Wawancara merupakan cara pengumpulan data dengan cara tanya jawab dengan pustakawan. Objek yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu proses atau tahapan dalam kegiatan pengembangan koleksi yang dilaksanakan perpustakaan. Wawancara dilakukan dengan karyawan yang mengurus perpustakaan dan penulis sendiri juga terjun langsung selama dua bulan bekerja di instansi tersebut. Hail dari penelitian ini adalah pada proses pengembangan koleksi di perpustakaan STITMA Yogyakarta dari 7 proses pengembangan koleksi hanya melakukan empat tahapan dari empat tahapan secara umum. Empat tahapan tersebut antara lain yaitu melakukan analisis masyarakat pengguna, seleksi bahan pustaka, pengadaan bahan pustaka, dan penyiangan bahan bahan pustaka.


Keywords


Pengembangan Koleksi, Manajemen