Abstract


PERSPEKTIF GENDER DALAM DWILOGI NOVEL PADANG BULAN DAN CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA : Kajian Struktur dan Kritik Sastra Feminisme serta Relevansinya sebagai Bahan Bacaan Sastra di SMA

Abstract

This study aimed at describing the structure and the gender perspective in the two serial novels of Padang Bulan and Cinta di dalam Gelas, and to know the relevance of the gender perspective in the two novels. This study uses two theories, namely the theory of structure and literary criticism on feminism that focuses on women as readers. Structural theory is used to analyze the intrinsic elements in the novels. The theory of feminist literary criticism is used to assess gender perspective in the novels. This research uses descriptive qualitative method. The results of this study indicate that (1) the structure of the novels Padang Bulan and Cinta di dalam Gelas in the form of theme, plot, character and characterization, setting, point of view, and the mandate, (2) a gender perspective which appears in the serial novels Padang Bulan and Cinta di dalam Gelas in the form of gender equality and gender inequity. Gender equality in the Padang Bulan novel is shown in form of access, participation and control. Then, gender injustice in Padang Bulan is in the forms of marginalization of women, the subordination of women, streotipe against women, violence against women, and workload. (3) the serial novels Padang Bulan and Cinta di dalam Gelas are highly relevant as literature reading material for high schools.

Keyword: gender, structure, feminism

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan perspektif gender dalam dwilogi novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas, serta mengetahui relevansi perspektif gender dalam dwilogi novel tersebut. Dalam melakukan penelitian ini dipergunakan dua teori, yaitu teori struktur dan kritik sastra feminisme yang berfokus pada perempuan sebagai pembaca. Teori struktural digunakan untuk menganalisis unsur-unsur intrinsik dalam dwilogi novel tersebut. Teori kritik sastra feminis digunakan untuk mengkaji perspektif gender dalam dwilogi novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) struktur dalam dwilogi novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas berupa tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat, (2) perspektif gender yang muncul dalam dwilogi novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas berupa kesetaraan gender dan ketidakadilan gender. Kesetaraan gender dalam novel Padang Bulan berupa akses, partisipasi, dan kontrol. Adapun ketidakadilan gender dalam novel Padang Bulan berupa marginalisasi terhadap perempuan, subordinasi terhadap perempuan, streotipe terhadap perempuan, kekerasan terhadap perempuan, dan beban kerja. (3) dwilogi novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas sangat relevan dijadikan sebagai bahan bacaan sastra di SMA.

Kata kunci: gender, struktur, feminisme


Keywords


gender, struktur, feminisme