REPRESENTATION OF MOTHER’S PARENTING PATTERN IN KABA CINDUA MATO BY SYAMSUDDIN ST. RAJO ENDAH

Alfusyukrinalias Karillah(1), Harris Effendi Thahar(2), Abdurahman Abdurahman(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Humanus

DOI : https://doi.org/10.24036/humanus.v17i2.10687

Full Text:    Language : io

Abstract


This study was aimed to (1) describe and interpret the representation of mother's parenting pattern in kaba Cindua Mato by Syamsuddin St. Rajo Endah, (2) describe the impact of mother's parenting pattern on children's behavior in kaba Cindua Mato by Syamsuddin St. Rajo Endah, and (3) find factors influencing mother's parenting pattern in kaba Cindua Mato by Syamsuddin St. Rajo Endah.This study type was qualitative by using descriptive analysis method. The data source of this study was kaba Cindua Mato by Syamsuddin St. Rajo Endah. Collecting data technique was done by (1) reading kaba Cindua Mato by Syamsuddin St. Rajo Endah, (2) translating kaba Cindua Mato by Syamsuddin St. Rajo Endah, and (3) identifying and classifying data related to mother’s parenting pattern, such as (a) the type of parenting pattern, (b) the impact of parenting pattern, and (c) factor affecting parenting pattern. Based on the data analysis, the results of the study were concluded as follows. Mother's parenting pattern showed that the democratic parenting style made the children able to communicate well in expressing his opinion. The impact of democratic upbringing made the children able to (1) respect the opinions of others, (2) respect differences of opinion, and (3) promote tolerance. Environmental factor affected children behavior. Environmental factor encouraged the children to understand about the environment. On cultural factor, the children learned about Minangkabau culture.

Keywords: Mother’s Parenting Pattern, Kaba, Cindua Mato

REPRESENTASI POLA ASUH IBU DALAM KABA CINDUA MATO KARYA SYAMSUDDIN ST. RAJO ENDAH

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan dan menginterpretasikan representasi pola asuh ibu dalam kaba Cindua Mato karya Syamsuddin St. Rajo Endah, (2) dampak pola asuh ibu terhadap perilaku anak dalam kaba Cindua Mato karya Syamsuddin St. Rajo Endah, dan (3) menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh ibu dalam kaba Cindua Mato karya Syamsuddin St. Rajo Endah. Jenis penelitian ini adalah kulitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Sumber data penelitian ini adalah kaba Cindua Mato karya Syamsuddin St. Rajo Endah. Teknik pengumpulan data dengan cara (1) membaca kaba Cindua Mato karya Syamsuddin St. Rajo Endah, (2) menerjemahkan kaba Cindua Mato karya Syamsuddin St. Rajo Endah, dan (3) mengidentifikasi dan mengklasifikasi data yang berhubungan dengan pola asuh ibu, seperti (a) jenis pola asuh, (b) dampak pola asuh, dan (c) faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh. Berdasarkan analisis data disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pola asuh ibu menunjukkan bahwa pola asuh demokratis membuat anak dapat berkomunikasi dengan baik dalam menyampaikan pendapatnya. Dampak pola asuh demokratis membuat anak dapat (1) menghargai pendapat orang lain, (2) menghormati perbedaan pendapat, dan (3) mengedepankan sikap tenggang rasa. faktor lingkungan mempengaruhi sikap si anak. Faktor lingkungan mendorong si anak agar dapat memahami tentang lingkungannya. Pada faktor budaya, si anak belajar mengenai budaya Minangkabau.

Kata kunci: Pola Asuh Ibu, Kaba, Cindua Mato


Keywords


pola asuh ibu, kaba, cindua mato

References


Anisah, A, S. (2011). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Anisah, 5 (1), 70-84. Di unduh dari https:// journal.uniga.ac.id

Babu, S. (2015). Parenting style and academic success. Journal of art and education, 2 (1), 57-65. Di unduh dari https://.saiompublications.com

Fathi, B. (2011). Mendidik anak dengan alquran sejak janin. Jakarta: Grasindo.

Hardiwinoto & Setiabudhi, T. (2003). Anak unggul berotak prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Habibi, M.A. M. (2015). Analisis kebutuhan anak usia dini (buku ajar S1 PAUD). Yogyakarta: Budi Utama.

Hayati, Y. (2014). Representasi ibu dalam sastra anak di indonesia (studi kasus terhadap sastra anak karya anak periode 2000-an). Humanus, 13 (1), 45-50. Di unduh dari https://media.neliti.com

Kordi, A. (2010). Parenting attitude and style and its effect on children’s school achievements. International journal of psychological studies, 2 (2), 213-225. Di unduh dari https://www.ccsenet.org

Ratna, I. N. K. (2013). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, A. (1990). Metode penelitian sastra. Bandung: Angkasa.

Surbakti, E.B. (2009). Kenakalan anak remaja anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Widyarini, N. (2009). Psikologi populer: relasi orang tua dan anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wijanarko, J dan Setiawati, E. (2016). Ayah baik-ibu baik parenting era digital pengaruh gedget dan perilaku terhadap kemampuan anak. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia Bumi Bintaro Permai.

Zahedani, Z. Z., Rita, R., Zahya, Y., Sina, B, & Parisa, N. (2016). The influence of parenting style on academic achievement and career path. Journal of advances in medical education and professinalism, 4 (3), 332-341. Di unduh dari Semi, Atar. (1990). Metode penelitian sastra. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

 Abstract Views : 284 times
 PDF Downloaded : 97 times

Refbacks





Copyright (c) 2018 Humanus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.