THE IMPLEMENTATION OF GENRE BASED APPROACH IN TEACHING READING: A CASE STUDY AT SMPN 17 IN PEKANBARU

Destri Wahyu Ningsih(1), M. Zaim(2), Yenni Rozimela(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan salah satu penelitian tentang penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam pengajaran membaca di SMPN 17 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru bahasa Inggris menerapkan GBA dalam mengajar membaca jenis-jenis teks dan mengidentifikasi kesulitan guru dalam mengajar membaca jenis-jenis teks dengan menggunakan GBA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Observasi dilakukan untuk melihat bagaimana guru bahasa Inggris menerapkan GBA dalam mengajar membaca jenis-jenis teks. Wawancara dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan guru dalam mengajar dengan menggunakan GBA. Dari hasil observasi, guru mengulang aktifitas yang sama dalam menerapkan GBA di setiap kelas. Sedangkan dari hasil wawancara,  mereka mengatakan bahwa kesulitan yang dihadapi adalah keterbatasan kosakata siswa, grammar, kurangnya motivasi, dan keterbatasan waktu dalam mengajar menggunakan GBA.

 

Keywords: Implementation, genre, approach, reading

Article Metrics

 Abstract Views : 184 times
 PDF Downloaded : 668 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.