IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF ACADEMIC TEXTS BY USING SYNTHESIZING STRATEGY AT SEMESTER IV / B OF THE ENGLISH DEPARTEMENT OF FKIP UIR PEKANBARU

Resy Oktadela(1), M. Zaim(2), Hamzah .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan membaca. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah strategi sintesis  dapat meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa dan untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca. Penelitian ini telah dilakukan di program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester empat kelas B yang berjumlah tiga puluh lima mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya teridiri dari lima kali pertemuan. Peneliti dan kolaborator mendapatkan data pada setiap siklus dari mengobservasi, catatan lapangan, wawancara, dan latihan dan tes. Setelah menganalisis dan mengkalkulasikan data, ditemukan bahwa strategi sintesis dapat meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa dalam konten identifikasi/ide utama, gambaran informasi/details,  kosa kata, kata petunjuk, penarikan kesimpulan. Ini dapat dilihat peningkatan dari rata-rata hasil belajar dari 51.86 pada preliminary test, 66.14 setelah siklus 1, dan 77.57 setelah siklus 2. Faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca teks mahasiswa adalah materi, media, aktivitas kelas, majemen kelas, strategi dosen, dan pendekatan dosen. Berdasarkan penemuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, strategi sintesis dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa dan startegi sintesis  dapat membangun kepercayaan diri dan partisipasi mahasiswa.

 

Key words: Reading Skill, Academic Texts, Synthesizing Strategy


Article Metrics

 Abstract Views : 246 times
 PDF Downloaded : 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.