The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana ketepatan penggunaan komponen-komponen writing dalam wacana sebab akibat yang ditulis oleh mahasiswa program studi Bahasa Inggris tahun ketiga STAIN Batusangkar. Komponen- komponen writing itu adalah Organization, Content, Grammar and Sentence structure, Mechanics dan Vocabulary. Penelitian ini menggunakan metode descriptive. Data penelitian ini diambil dari tes kemampuan menulis wacana sebab akibat oleh mahasiswa tahun ketiga program studi Bahasa Inggris. Kemudian, data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode qualitative. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 30 wacana sebab akibat yang ditulis oleh mahasiswa, 5 atau 16,67% wacana sudah menggunakan komponen-komponen writing dengan sangat baik. 12 atau 40% wacana sudah menggunakan komponen-komponen writing dengan baik. 10 atau 33,33% wacana dikategorikan sedang. 3 atau 10% wacana dikategorikan masih kurang dan tidak ada atau 0% wacana yang dikategorikan sangat kurang dalam menggunakan komponen-komponen writing. Beberapa komponen writing yang sudah digunakan oleh mahasiswa dalam menulis wacana sebab akibat dengan baik diantaranya content dan vocabulary. Akan tetapi beberapa komponen belum digunakan secara tepat oleh mahasiswa dalam menulis wacana sebab akibat diantaranya penggunaan organization, grammar and sentence structure dan mechanics.

 

Key words: Cause and Effect, Essay, Writing