The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Reciprocal Teaching dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dalam pemahaman bacaan pada mahasiswa semester 2 STKIP Dharma Bakti Lubuk Alung.Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa yang dominan yang mempengaruhi efektivitas proses belajar mengajar dalam pemahaman bacaan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peserta penelitian adalah 31 orang mahasiswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan tes pemahaman bacaan. Dari data yang didapat, peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan terhadap proses belajar mengajar pemahaman bacaan. Hal ini dibuktikan dengan salah satunya nilai siswa yang meningkat dalam tes pemahaman bacaan. Adapun faktor yang dominan yang mempengaruhi pemahaman bacaan siswa adalah: aktivitas di ruang kelas, materi pembelajaran, pengetahuan guru,interaksi, dan kegiatan penilaian perilaku.

 

Kata kunci : reading comprehension, reciprocal teaching, factor.