IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY IMPLEMENTING RECIPROCAL TEACHING AT THE SECOND SEMESTER OF STKIP DHARMA BAKTI LUBUK ALUNG PADANG PARIAMAN REGENCY

Amal Hayati(1), Zainil .(2), Kusni .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Reciprocal Teaching dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dalam pemahaman bacaan pada mahasiswa semester 2 STKIP Dharma Bakti Lubuk Alung.Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa yang dominan yang mempengaruhi efektivitas proses belajar mengajar dalam pemahaman bacaan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peserta penelitian adalah 31 orang mahasiswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan tes pemahaman bacaan. Dari data yang didapat, peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan terhadap proses belajar mengajar pemahaman bacaan. Hal ini dibuktikan dengan salah satunya nilai siswa yang meningkat dalam tes pemahaman bacaan. Adapun faktor yang dominan yang mempengaruhi pemahaman bacaan siswa adalah: aktivitas di ruang kelas, materi pembelajaran, pengetahuan guru,interaksi, dan kegiatan penilaian perilaku.

 

Kata kunci : reading comprehension, reciprocal teaching, factor.

Article Metrics

 Abstract Views : 199 times
 PDF Downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.