AN EVALUATION OF SPEAKING TASKS IN STUDENTS’ BOOK FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE X SEMESTER 1

Dian Mega Putri(1), M. Zaim(2), Desmawati Radjab(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana tugas berbicara dalam buku siswa dalam hal pemilihan dan organisasi tugas, bentuk fisik tugas dan konten tugas. Sumber data dalam penelitian ini adalah ceklis evaluasi awal (pre-evaluation) tugas berbicara dalam buku siswa untuk kelas X semester 1 dari empat evaluator; 2 orang guru Bahasa Inggris, 1 orang dosen Bahasa Inggris dan peneliti sendiri. Ceklis terdiri atas tiga indikator; pemilihan dan organisasi tugas, bentuk fisik tugas dan konten tugas. Setelah data dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah menganalisa data berdasarkan tiga indikator tersebut. Berdasarkan analisa data, terdapat tiga temuan. Pertama, tugas berbicara dalam buku siswa dalam hal pemilihan dan organisasi tugas tidak memiliki input teks otentik dan artworks yang mencukupi. Kedua, dalam indikator bentuk fisik tugas, tugas berbicara dalam buku siswa memiliki layouts yang tidak seragam. Ketiga, dalam hal konten tugas, tugas berbicara dalam buku siswa kelas X semester 1 tidak memiliki kegiatan individual, berpasangan dan berkelompok yang mencukupi dan seimbang.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Tugas Berbicara, Buku Siswa


Article Metrics

 Abstract Views : 326 times
 PDF Downloaded : 242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.