The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis berdasarkan masalah terhadap rendahnya keterampilan mahasiswa dalam mengungkapkan ide secara tertulis dalam menulis paragraf. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Role, Audience, Format and Topic (RAFT) memberikan efek yang signifikan terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis paragraf. Penelitian ini dilakukan pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP)-PGRI Sumatera Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontol dalam hal menulis paragraf. Dengan kata lain, strategi RAFT memperoleh kemampuan yang lebih baik dalam menulis paragraf.

Key Words: Role, Audience, Format, and Topic strategy, students’ ability, paragraph writing