The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Ada 2 jenis tipe dalam penerapan strategi reinforcement seperti: reward dan punishment. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada awal penelitian maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui tipe, frekuensi, waktu, dan alasan mengenai reward dan punishment yang digunakan guru bahasa Inggris sebagai strategi dalam pengelolaan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah semua guru bahasa inggris. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris hanya menggunakan tipe intrinsik reward dan positif punishment. Frekuensi penggunaan reward sebanyak 128 kali, sedangkan frekuensi penggunaan positif punishment sebanyak 29 kali. Guru menggunakan reward dan punishment pada kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran. Selanjutnya, guru memiliki beberapa alasan menggunakan reward, antara lain; 1)memenuhi pencapain akademik siswa, 2)berhasil mencapai tujuan pembelajaran, 3)membantu siswa memperbaiki tingkah laku, 4)menciptakan kelas yang tertib, 5)memperbaiki konsentrasi siswa terhadap tugas, 6)menciptakan interaksi yang tentram antara guru dan siswa, dan 7)mengawasi tingkah laku siswa. Disamping itu, guru juga memiliki beberapa alasan menggunakan punishment, antara lain; 1)memastikan minat siswa untuk belajar, 2)memperingati siswa agar bersikap sewajarnya, 3)menciptakan suasana kelas yang tenang, 4)menciptakan kedisiplinan dikelas, 5)mencegah tingkah laku yang negatif, dan 6)mentaati peraturan sekolah.

Key Words: Reinforcement, Reward, Punishment.