The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa jenis-jenis kesalahan dalam menggunakan kaidah bahasa dan mekanik yang dibuat oleh siswa dalam menulis teks recount. Metode yg digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif qualitative. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes instrument. Subjek dari penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas 2 SMPIT Sabbihisma Padang.Dalam menganalisis sebuah data, peneliti menggambarkan tentang jenis-jenis kesalahan Grammar dan Mekanik. Kesalahan Grammar dikelompokkan menjadi empat bagian. Pertama, ada tiga jenis kesalahan grammar yang ditemukan dalam menggunakan linking verb. Mereka yaitu omission (20%), addition (27%) and selection (14%). Kedua, dalam menggunakan action verb. Mereka adalah omission (35%), addition (48%) and selection (35%). Ketiga, ada satu jenis kesalahan ditemukan dalam menggunakan pronoun yaitu omission (08%). Terakir, ada satu jenis kesalahan dalam menggunakan possessive yaitu selection (17%). Sementara, dalam Mekanik, mereka dikelompokkan menjadi empat bagian. Pertama, ada tiga jenis kesalan Mekanik yang ditemukan dalam menggunakan period. Mereka adalah omission (14%), addition (45%) and selection (5%). Kedua, ada tiga jenis dalam menggunakan comma. Mereka adalah omission (53%), addition (23%) and selection (5%). Ketiga, ada tiga jenis kesalahan dalam menggunakan capitalization. Mereka adalah omission (23%), addition (21%) and selection (52%). Selanjutnya, ada tiga kesalahan dalam menggunakan spelling; mereka adalah omission (9%), addition (11%) and selection (38%).

 

Keywords: error, recount, writing