The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak. Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya ketermapilan siswa dalam menulis terutama dalam penggunaan grammar pada siswa SMA N 1 Sungai Limau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan siswa dalam mengembangkan recount texts, serta menemukan kesulitan yang dihadapi oleh siswa.  Penelitian ini adalah penelitian quantitative. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Sungai Limau. selain itu, teknik cluster sampling digunakan untuk memilih sampel yakni kelas X.1 dan X.3. Instrumen yang digunakan berupa tes menulis. Data dari tes menulis siswa di analisa berdasarkan indikator dan kemudian diinterpertasikan dan menjadi temuan penelitian. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa siswa memiliki kemampuan yang lemah dalam menulis recount texts dengan nilai rata-rata 2.3. Berdasarkan test yang telah diberikan, ditemukan pula kesulitan yang dihadapi oleh siswa ketika menulis recount texts, yakni dalam penggunaan language features. Kesulitan ini berhubungan dengan penggunaan simple past tense, action verb, linking verb, dan pronoun. Penyebab dari kesulitan ini adalah interlingual transfer, intralingual transfer, dan kurangnya kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa masih mengalami banyak kesulitan dalam menulis sebuah kalimat yang baik dan benar di dalam recount texts sesuai dengan aturan yang berlaku. Lebih lanjut, berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat memberikan teknik pengajaran yang lebih baik dan siswa dapat melakukan lebih banyak latihan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.

 

Key Words: Writing, Recount Text