The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan membaca siswa tentang teks recount dan narrative serta menganalisis kesulitan atau masalah yang mereka hadapi dalam menjawab pertanyaan berdasarkan teks tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 33 Padang tahun akademik 2011/2012 dengan sample sebanyak 46 siswa. Data dikumpulkan melalui tes membaca dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks recount dan naratif masih rendah, yang terlihat dari skor yang diperoleh siswa. Banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Penelitian ini juga mengungkapkan masalah yang dihadapi siswa dalam membaca, yaitu bahasa, kosakata, indikator membaca dan jenis kata tanya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks recount dan narrative masih rendah disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman dalam membaca teks tersebut.

Kata Kunci: Reading ability, Problems, Answering questions, Recount text, Narrative text