The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk menemukan pengaruh dari startegi Think-Talk-Write terhadap keterampilan menulis siswa mengenai recount text pada kelas VIII-B MTs SMQ Bangko. Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan apakah strategi Think-Talk Write dapat meningkatkan proses belajar pada teks recount, dan faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua sikus, setiap siklus terdiri dari lima pertemuan. Peneliti di bantu oleh dua guru sebagai kolaborator. Peneliti menggunakan tes menulis, daftar ceklist untuk observasi dan catatan lapangan, dan wawancara sebagai instrumennya. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa terhadap teks recount meningkat melalui strategi Think-Talk-Write. Peningkatan di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti topik yang sesuai, menghubungkan membaca dan menulis, otentik dan interaktif aktivitas, dan teknik mengajar guru.

Keywords  : writing skill, recount texts, think-talk-write strategy