The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mengukur sejauhmana penggunaan gambar dan peta semantik membantu siswa kelas VII.1 SMPN 2 X Koto diatas dalam memahami teks deskriptif dan (2) menemukan faktor-faktor yang ikut mempengaruhi peningkatan pemahaman tersebut. Data penelitian ini yang berbentuk kuantitatif dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dirata-rata dan dibandingkan dengan KKM (kriteria ketuntasan minimum). Sedangkan kualitatif data yang dihasilkan dari kegiatan observasi, catatan lapangan dan wawancara di analisis dengan menggunakan prosedur kualitatif data PTK (penelitian tindakan kelas). Hasil kedua data ini dibandingkan dan dihubungkan untuk menjelaskan temuan dari penelitian ini. Dari penerapan teknik ini ditemukan bahwa pemahaman membaca siswa meningkat dari 41,5 pada tes awal, menjadi 84,5 pada siklus pertama dan meningkat menjadi 86,14 pada siklus kedua. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut berupa materi, teknik, media, manajemen kelas, strategi guru dan pendekatan guru yang digunakan.

Key words: students’ reading comprehension, descriptive text, pictures and semantic mapping