The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena nilai kemampuan berbicara siswa ET-5/1 LBPP LIA Pekanbaru rendah. Peneliti menggunakan teknik Inside-Outside Circle untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan kemampuan berbicara siswa ET-5/1 LBPP LIA Pekanbaru dan faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa dimaksud. Ada 15 siswa yang terlibat, terdiri dari 7 siswa laki-laki and 8 siswa perempuan. Temuan penelitian memperlihatkan penggunaan teknik Inside-Outside Circle bisa meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Sebelum teknik dilaksanakan, jumlah siswa yang mencapai angka kelulusan (2,9) hanya 6 orang, pada siklus 1 meningkat menjadi 13 orang and pada siklus 2 menurun menjadi 12 orang. Sementara nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan penelitian adalah 2,7, pada siklus pertama nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 3,0. Sementara siklus kedua, nilai rata-rata siswa tetap 3,0 namun masih berada diatas angka kelulusan. Adapun faktor yang mempengaruhi peningkatan pencapaian siswa ini adalah low affective filter, antusiasme siswa dan peer pressure. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan teknik Inside-Outside Circle merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

 

Kata Kunci: English for Teen Level 5, Keahlian Membaca, Teknik Inside-Outside Circle