IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TECHNIQUE (AT ENGLISH FOR TEEN LEVEL 5, LBPP LIA, PEKANBARU)

Dewi Sari Wahyuni(1), Mukhaiyar .(2), Kusni .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena nilai kemampuan berbicara siswa ET-5/1 LBPP LIA Pekanbaru rendah. Peneliti menggunakan teknik Inside-Outside Circle untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan kemampuan berbicara siswa ET-5/1 LBPP LIA Pekanbaru dan faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa dimaksud. Ada 15 siswa yang terlibat, terdiri dari 7 siswa laki-laki and 8 siswa perempuan. Temuan penelitian memperlihatkan penggunaan teknik Inside-Outside Circle bisa meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Sebelum teknik dilaksanakan, jumlah siswa yang mencapai angka kelulusan (2,9) hanya 6 orang, pada siklus 1 meningkat menjadi 13 orang and pada siklus 2 menurun menjadi 12 orang. Sementara nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan penelitian adalah 2,7, pada siklus pertama nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 3,0. Sementara siklus kedua, nilai rata-rata siswa tetap 3,0 namun masih berada diatas angka kelulusan. Adapun faktor yang mempengaruhi peningkatan pencapaian siswa ini adalah low affective filter, antusiasme siswa dan peer pressure. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan teknik Inside-Outside Circle merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

 

Kata Kunci: English for Teen Level 5, Keahlian Membaca, Teknik Inside-Outside Circle

Article Metrics

 Abstract Views : 352 times
 PDF Downloaded : 621 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.