The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Skripsi ini merupakan analisis dari novel Copper Sun (2006) karya oleh Sharon M. Draper. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana usaha karakter untuk keluar dari perbudakan manusia dengan menimbulkan  kesadaran, menggali pengetahuan dan kemampuan diri. Permasalahan dari analisis ini adalah sejauh mana karakter mampu mengungkap isu menuju perubahan (Heading to Enlightenment), serta seberapa besar fungsi elemen-elemen fiksiseperti karakter, seting, dan konflik berpengaruh untuk memperlihatkan topik tersebut. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengungkapkan sejauh mana karakter mampu menunjukkan isu menuju perubahan, serta untuk mengetahui peran seting, dan plot dalam membantu karakter untuk mencapai tujuannya. Teori yang digunakan dalam analisis ini adalah konsep knowledge dari Jiang dan Patricia Collin, dan The Ego dari Freud. Metode yang dipakai adalah text-based interpretation dan context-based interpretation. Hasil dari kajian ini memperlihatkan perubahan dari diri karakter yang dilakukan dengan cara menggali kemampuan diri, dengan kata lain mereka mampu bertahan dan mencari celah untuk melarikan diri dari perbudakan manusia.

Keywords


heading/head to, enlightenment, awareness, knowledge, and skill