ANALISIS KONSUMSI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI SUMATERA BARAT

Nurhuda N, Sri Ulfa Sentosa, Idris Idris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, konsumsi periode sebelumnya, pendapatan disposibel dan suku bunga terhadap konsumsi di Sumatera Barat  dan menganalisis pengaruh konsumsi, kapital dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat periode 2000 - 2011. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan analisis model persamaan simultan dengan metode Two Stages Least Square (TSLS).

Hasil penelitian menemukan bahwa :1) pertumbuhan ekonomi, konsumsi periode sebelumnya, pendapatan disposibel, dan suku bunga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap konsumsi di Sumatera Barat. Akan tetapi secara parsial tingkat suku bunga tidak berpengaruh terhadap konsumsi.  2) konsumsi, kapital dan tenaga kerja baik secara bersama-sama maupun secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat.

Implikasi kebijakan dari hasil penelitian ini adalah : Pemerintah Daerah Sumatera Barat perlu memberikan insentif terhadap sektor-sektor produktif atau sektor riil agar mampu meningkatkan produksi (ouput) sehingga akan berdampak terhadap peningkatan konsumsi dan pertumbuhan ekonomi.

Kata Kunci: Konsumsi, Pertumbuhan Ekonomi, konsumsi periode sebelumnya, pendapatan disposibel, suku bunga, kapital dan tenaga kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.