The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


 

Berdasarkan hasil observasi dan data yang diperoleh ternyata hasil belajar siswa rata-rata masih rendah dan sebagian kecil siswa sudah tuntas belajarnya. Penggunaan metode demonstrasi yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII.1 di SMPN 4 Sutera. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode demonstrasi dan praktek yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut perlu dikembangkan suatu metode belajar yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penelitian tindakan kelas.

Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 4 Sutera kepada siswa kelas VII.1 dengan jumlah siswa 31 orang, dengan menggunakan metode demonstrasi dan diikuti dengan praktek dalam pembelajaran TIK. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa dengan lembaran evaluasi observasi sebagai alat pengumpulan data diperoleh dengan tes dan aktivitas belajar di dapat dengan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif (dengan menggunakan rumus persentase) dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada siklus I 67,93% dan pada siklus II 81,09%. Disamping itu juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 68,87 pada Siklus I, dan meningkat pada siklus II 78,06, dan persentase siswa yang tuntas juga meningkat dari 54,84% pada Siklus I menjadi 83,87% pada Siklus II, begitu juga pada aktivitas guru juga meningkat yaitu 72,22% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II, dan terlihatnya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II dalam proses pembelajaran. Dengan demikian metode demonstrasi diikuti dengan praktek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMPN 4 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.