The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Permasalahan yang terlihat terjadi di lapangan pada mata pelajaran AIJ khususnya pada materi Virtual Local Area Network masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah, diskusi dan kerja kelompok sehingga membuat siswa menadi kurang termotivasi dalam belajar. Disamping hal tersebut, guru mata pelajaran AIJ pada saat menyampaikan materi tentang Virtual Local Area Network masih menggunakan power point biasa dan kurang melakukan praktikum pada materi virtual local area network. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan cisco packet tracer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: the posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 34 orang di SMK N 1 Lembah Melintang tahun pelajaran 2022/2023, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka dalam penelitian ini menggunakan teknik populasi. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus T-test, hasil penelitian yaitu r hitung sebesar 0,528, dan nilai r tabelpada taraf signifikan 5% dengan dk (N-1) = 34-1=39 lebih besar dari pada nilai r hitung pada tabel (0,528 > 0,339), berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: ada pengaruh enggunaan simulasi jaringan komputer cisco packet tracer terhadap kreativitas belajar siswa pada pelajaran AIJ kelas XI TKJ di SMK N 1 Lembah Melintang Tahun Pelajaran 2022-2023, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.