The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran di SMK Negeri 6 Mukomuko pada mata pelajaran Desain Grafis Dasar dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode dikte, dan tingkat pemahaman siswa yang masih kurang. Pemanfaatan pengembangan media ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Media Pengembangan ini menggunakan validasi ahli media dan ahli materi, serta kepraktisan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran desain grafis dasar dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan dimana saja.