Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Sekolah Menengah Pertama Pada Tahun 2010-2020

Afri Tri Fardani(1),
(1) Universitas Negeri Malang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v8i1.108475

Full Text:    Language : en    Language : en    Language : en

Abstract


Virtual Reality merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang memiliki keunggulan tersendiri yang biasanya diterapkan dalam bidang pendidikan maupun  bidang ilmu lainnya. Penerapan media pembelajaran berupa teknologi Virtual Reality pada bidang pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan daya serap informasi yang diterima oleh siswa. Sebagai contoh dalam ilmu sejarah pembelajaran cenderung membosankan, contoh lain dalam bidal sains terdapat materi yang penyampaiannya sulit jika siswa hanya sekedar mendengarkan guru berceramah. Penerapan Teknologi Virtual Reality dalam pembelajaran memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta motivasi belajar siswa. Paper ini berisikan hasil telaah penelitian yang menunjukkan efektivitas penggunaan Virtual Reality terhadap hasil belajar maupun motivasi belajar siswa.


References


Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. KHAZANAH PENDIDIKAN, 3(2).

Chellapandian, D., Lehrnbecher, T., Phillips, B., Fisher, B. T., Zaoutis, T. E., Steinbach, W. J., … Sung, L. (2015). Bronchoalveolar lavage and lung biopsy in patients with cancer and hematopoietic stem-cell transplantation recipients: a systematic review and meta-analysis. Journal of Clinical Oncology, 33(5), 501–509.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

France, D., Powell, V., Mauchline, A. L., Welsh, K., Park, J., Whalley, W. B., & Rewhorn, S. (2016). Ability of students to recognize the relationship between using mobile apps for learning during fieldwork and the development of graduate attributes. Journal of Geography in Higher Education, 40(2), 182–192.

Freina, L., & Ott, M. (2015). A literature review on immersive virtual reality in education: state of the art and perspectives. The International Scientific Conference ELearning and Software for Education, 1(133), 10–1007.

Hamilton-Jones, B. M., & Vail, C. O. (2014). Preparing special educators for collaboration in the classroom: Pre-service teachers’ beliefs and perspectives. International Journal of Special Education, 29(1), 76–86.

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Herlambang, P. M., & Aryoseto, L. (2016). Potensi Virtual Reality Berbasis Smartphone sebagai Media Belajar Mahasiswa Kedokteran. Cermin Dunia Kedokteran, 43(6), 412–415.

Johari, A. (2014). Penerapan media video dan animasi pada materi memvakum dan mengisi refrigeran terhadap hasil belajar siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kartiko, I., Kavakli, M., & Cheng, K. (2010). Learning science in a virtual reality application: The impacts of animated-virtual actors’ visual complexity. Computers & Education, 55(2), 881–891.

Khoerniawan, R. W., Putrama, I. M., Agustini, K., Si, S., & Si, M. (2018). Game Edukasi Penjelajah Berbasis Virtual Reality. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 7(1), 20–29.

Kumar, A., Vengatesan, K., Rajesh, M., & Singhal, A. (2019). Teaching literacy through animation & multimedia. Int. J. Innovative Technol. Exploring Eng, 8(5), 73–76.

Kusumaningsih, A., Angkoso, C. V., & Anggraeny, N. (2018). Virtual reality Museum Sunan Drajat Lamongan berbasis rule-based system untuk pembelajaran sejarah. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(4), 473–482.

Leow, F.-T., & Neo, M. (2014). Interactive multimedia learning: Innovating classroom education in a Malaysian university. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 13(2), 99–110.

Muttaqin, D., Arifin, F., Farida, L. N., & Pudjoatmodjo, B. (2016). ” planetarium” Aplikasi Pembelajaran Sistem Tata Surya Berbasis Virtual Reality. EProceedings of Applied Science, 2(2).

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).

Pantelidis, V. S. (2010). Reasons to use virtual reality in education and training courses and a model to determine when to use virtual reality. Themes in Science and Technology Education, 2(1–2), 59–70.

Pariartha, I. G. M. A., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VIII Semester 1 di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal EDUTECH Undiksha, 1(2).

Paulus, E., Suryani, M., Farabi, R., Yulita, I. N., & Pradana, A. (2016). EVALUASI APLIKASI SEMI-IMMERSIVE VIRTUAL REALITY PADA BIDANG PENDIDIKAN MENURUT ASPEK HEURISTIK DAN PEMBELAJARAN. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 1(2).

Purnamasari, S., & Herman, T. (2016). Penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, serta kemandirian belajar siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 178–185.

Randi, A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Sistem Tata Surya Berbasis Android. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rante, P., & Ihsan, N. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Audio-video Eksperimen Listrik Dinamis Di SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64.

Sahulata, R. A., Wahyudi, A., Wuwungan, B. G., & Nayoan, M. A. (2016). Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android. CogITo Smart Journal, 2(2), 204–215.

Sihite, B., Samopa, F., & Sani, N. A. (2013). Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit). Jurnal Teknik ITS, 2(2), A397–A400.

Sinambela, M. B. (2018). Pengembangan Sumber Belajar Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Sinambela, M. B. W., Soepriyanto, Y., & Adi, E. P. (2018). TAMAN PENINGGALAN SEJARAH BERBASIS VIRTUAL REALITY. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 7–12.

Sumpeno, S., & Sooai, A. G. (n.d.). 3D Stereoskopik untuk Peninggalan Sejarah. AEK FDI, 1(1), 33–37.

Sunarni, T., & Budiarto, D. (2014). Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR). Semantik, 4(1).

Suryani, M., Imam, F., Puteri, F. P., Nugraha, F. S., Qolbu, E., Paulus, E., & Suryana, I. (2018). Pengembangan dan Usability Testing Aplikasi Semi-Immersive Virtual Reality untuk Pembelajaran Sejarah. SNIA (Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya), 3, A1-5.

Suryanto, A., & Kusumawati, D. A. (2017). Developing a Virtual Reality Application of the Lawang Sewu Building as Educational Media for the Subject of History. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(4), 362–368.

Tambotoh, K. H. (2010). Pembelajaran Fisika Menggunakan Kit Multimedia dan Media Interaktif Berbasis Komputer Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Modalitas Belajar Siswa. Universitas Sebelas Maret.

Vidiardi, S. (2015). Pengembangan Museum Virtual Interaktif Menggunakan Teknologi Desktop Virtual Reality Pada Museum Ranggawarsita. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Wahyudi, A., Adam, P., & Jesyriviano, G. (2017). Virtual Reality of Historical Places in North Sulawesi. CogITo Smart Journal, 3(1), 32–41.

Wahyudi, A. K., & Mambu, J. Y. (2016). Eksplorasi 3D Photorealistic Situs Warisan Waruga menggunakan Virtual Reality. Universitas Klabat Airmadidi, Indonesia, 289–301.

Wahyudi, F., Wardhono, W. S., & Akbar, A. (2017). Pengembangan Permainan Edukasi Simulasi Astronomi Menggunakan Teknologi Mobile Virtual Reality. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.


Article Metrics

 Abstract Views : 974 times
 Untitled (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times  Untitled (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times  PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.