Pengaruh Interaksi Antara Contextual Teaching and Learning dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep IPA

Elva Zuleni(1),
(1)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v7i2.107193

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  interaksi antara metode Contextual Teaching and Learning  dan Motivasi  terhadap pemahaman konsep  IPA siswa. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian semua siswa kelas V SDIT Adzkia Padang. Sampel penelitian siswa kelas V Thoif 1 dan kelas V Thoif 2. Teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data penelitian diperoleh dari angket motivasi dan pemahaman konsep. Data dianalisis dengan Anava dua arah untuk pengujian hipotesis terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran CTL dan motivasi belajar dalam mempengaruhi pemahaman konsep IPA siswa. Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi pemahaman konsep belajar IPA siswa. Berarti efek utama faktor metode pembelajaran masing-masing berjalan secara dependen dalam mempengaruhi pemahaman konsep atau tidak terdapat interaksi antara metode  pembelajaran dan kategori motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Hal ini berarti, masing-masing faktor (metode pembelajaran dan motivasi tidak saling ketergantungan dan tidak mempengaruhi )


References


Amstrong, T. 1994. Multiple Intelligences in the Classroom. Alexandria: ASCD

Amstrong, T. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Jakarta: PT Indeks Bandung: Kaifa.

Aderson, L.W.,& Krathwolh (Eds). 2001. A Taxonomy for Learning Teaching. New York: Longman

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mudjono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-6. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan.2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Chatib, M. (2013). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Chatib M. 2012. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No.2 Tentang SI dan SKL. Jakarta: Sinar

Depdiknas. 2001. Penyusunan Butir –butir Soal dan Instrumen Penelitian. Jakarta:Depdiknas

Zuleni, Elva.2017.Pengaruh Contextual Teaching And Learning dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDIT ADZKIA. Padang

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kuswanto. (2005). Pendekatan Pembelajaran Modern: Contextual Teaching Learning.Surakarta :The Surakarta Post

Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk pembelajaran,pengajaran, Dan Asesmen(penterjemah: Prihantoro, A. Dari A Taxonomy for learning, Teaching, And Assesing : A revision of Bloom’s Taxonony of Educational Objectives A Bridged Edition: Addison Wesley Logman, Inc. 2001) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali

Nasution, S.. (1996). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung : Tarsito

Nurhadi, Burhanudin Yasin, Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran

Kontektual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : UNM.

Nursisto. 2001. Spektrum Pengalaman Lapangan dalam Dunia Pendidikan. Jakarta : Depdiknas


Article Metrics

 Abstract Views : 228 times
 XML (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.