Pelaksanaan Pelatihan Penyusunan Instrument Penilaian Pendidikan Karakter Bagi Guru-Guru SD Se Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Abna Hidayati ,M. Pd(1), Alwen Bentri(2), Ulfia Rahmi(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i1.10503

Full Text:    Language : en

Abstract


Pengembangan instrument penilaian pendidikan karakter merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas guru dalam kurikulum 2013. Peran guru dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah mengembangkan sistem evaluasi nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh siswa. Pelatihan ini bertujuan memberikan bekal guru untuk mengembangkan instrument evaluasi pendidikan karakter.

Pelatihan dilaksanakan di SD Kartika 1-11 yang berlokasi di Kecamatan Padang Timur Kota Padang dengan jumlah peserta 52 orang peserta yang merupakan perwakilan guru-guru yang berada di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Metode

pelatihan yakni ceramah dan tanya jawab dengan narasumber yang merupakan pakar dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Selanjutnya pelatihan dilakukan dengan bimbingan individual secara online dengan fasilitator dosen Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP.

Luaran dari kegiatan pelatihan ini adalah artikel yang dimuat pada jurnal ilmiah dan juga instrument pendidikan karakter yang dihasilkan oleh guru-guru.


References


Fauzan, Fauziah. 2012. Implementasi Nilai-Nilai Karakter. Padang Panjang: Diniyah Press.

Garmo, John. 2013. Pengembangan Karakter Untuk Anak. Jakarta: Keisaint Blanc Publishing.

Guba, Egon G. and Yvonna S. Lincoln. 1981. Effetive Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Kemendiknas. 2011. Buku Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta. Puskur. Balitbang. Kemendiknas.


Article Metrics

 Abstract Views : 233 times
 PDF Downloaded : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.