The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Buku ajar dalam dunia pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok baik bagi guru maupun mahasiswa sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Selain itu, beberapa sekolah tinggi juga menerapkan bahan ajar mandiri atau lebih dikenal dengan  modul. Tidak jauh berbeda dengan buku teks, modul juga dirancang secara sistematis dan juga berdasarkan kurikulum yang berlaku sehingga dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Modul lebih bersifat mandiri artinya dengan adanya modul siswa mahasiswa dapat belajar tanpa harus tatap muka dengan dosen. Mahasiswa dapat belajar sendiri atau berkelompok yang berpedoman kepada modul tersebut sehingga ketuntasan belajar mahasiswa dapat dilihat dari ketercapaiannya dalam mempelajari materi yang ada di modul. Sedangkan buku teks lebih umum, hanya saja peran dosen sangat lebih mendominasi dibandingkan dengan peran dosen  yang menerapkan bahan ajar modul sebagai sumber belajar dalam kegiatan belajarnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, desain penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan juga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 STKIP Adzkia terdiri atas 2 kelas. Kelas IIA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan e-modul dan IIB menggunakan metode konvensional sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini, diperoleh rata-rata hasil belajar  kelas eksperimen= 81,4 dan di kelas kontrol= 66,16, yang mana  kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis uji-t di peroleh   6,1 dan  = 1,665 pada taraf nyata 0,05 dengan thitung lebih besar dari pada ttabel. Hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan e-modul memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada perkuliahan konsep dasar 2 di STKIP Adzkia Padang.

 

Kata Kunci :  E- modul, Hasil Belajar