PENGGUNAAN E-MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 2 DI STKIP ADZKIA PADANG

Sisri Wahyuni(1), Yessi Rifmasari(2), Adri antoni(3),
(1) Staf Pengajar Prodi PGSD STKIP Adzkia Padang  Indonesia
(2) Staf Pengajar Prodi PGSD STKIP Adzkia Padang  Indonesia
(3) Staf Pengajar Prodi PGSD STKIP Adzkia Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101365

Full Text:    Language : en

Abstract


Buku ajar dalam dunia pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok baik bagi guru maupun mahasiswa sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Selain itu, beberapa sekolah tinggi juga menerapkan bahan ajar mandiri atau lebih dikenal dengan  modul. Tidak jauh berbeda dengan buku teks, modul juga dirancang secara sistematis dan juga berdasarkan kurikulum yang berlaku sehingga dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Modul lebih bersifat mandiri artinya dengan adanya modul siswa mahasiswa dapat belajar tanpa harus tatap muka dengan dosen. Mahasiswa dapat belajar sendiri atau berkelompok yang berpedoman kepada modul tersebut sehingga ketuntasan belajar mahasiswa dapat dilihat dari ketercapaiannya dalam mempelajari materi yang ada di modul. Sedangkan buku teks lebih umum, hanya saja peran dosen sangat lebih mendominasi dibandingkan dengan peran dosen  yang menerapkan bahan ajar modul sebagai sumber belajar dalam kegiatan belajarnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, desain penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan juga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 STKIP Adzkia terdiri atas 2 kelas. Kelas IIA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan e-modul dan IIB menggunakan metode konvensional sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini, diperoleh rata-rata hasil belajar  kelas eksperimen= 81,4 dan di kelas kontrol= 66,16, yang mana  kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis uji-t di peroleh   6,1 dan  = 1,665 pada taraf nyata 0,05 dengan thitung lebih besar dari pada ttabel. Hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan e-modul memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada perkuliahan konsep dasar 2 di STKIP Adzkia Padang.

 

Kata Kunci :  E- modul, Hasil Belajar


References


Anderson,Orin dkk.(2001).A Toxonomy for Learning, Teaching and Assessing. New York: David McKay Company

Arifin,Zenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gintings,Abdorrakhman.(2008).Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hamalik,Oemar.(2005).Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.Bandung: Bumi Aksara.

Kingofchytoel.(2010).Konsep Dasar dan Pengertian Bahan Ajar Sekolah. Tersedia:http//www.scribd.com/doc/26566848/Konsep-Dasar-Dan-Pengertian-Bahan-Ajar-Sekolah [19 Januari 2017]

Sudjana,Nana.dan Ibrahim.(2007).Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono.(2010).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata,Nana Syaodih.(2008).Metode Pennelitian Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyowaty, Endah.(2009). Apakah Perbedaan Bahan Ajar dan Sumber Belajar. Tersedia:htpp://www.scribd.com/doc/17530363/ApakahPerbedaan_Bahan_Ajar_Dan_Sumber_Belajar [19 Januari 2017]

Uno,Hamzah B.(2006).Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winkel,W.(1987).Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.


Article Metrics

 Abstract Views : 1128 times
 PDF Downloaded : 387 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.