PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL BAGI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Dr. Zuwirna M.Pd(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101347

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Persepsi mahasiswa terhadap pengetahuan dan keterampilan yang harus dimilikinya pada progam studi Teknologi Pendidikan, 2) Persepsi mahasiswa terhadap pemberian layanan oleh jurusan dalam menyiapkan perkuliahan pada progam studi Teknologi Pendidikan, 3) Persepsi mahasiswa terhadap peluang kerja bagi lulusan Teknologi Pendidikan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan yang sedang aktif kuliah dari  Tahun masuk 2010, 2011 dan 2012 yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Stratified Random Sampling dengan proporsi 25%. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, dimana instrumen atau alat pengumpulan datanya berisi sejumlah pernyataan yang harus dijawab atau direspon oleh responden. Teknik analisis data adalah teknik persentase, korelasi product moment dan t tes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi mahasiswa progam studi Teknologi Pendidikan umumnya  setuju bahwa pengetahuan dan keterampilan yang harus dimilikinya pada progam studi Teknologi Pendidikan sudah sangat memuaskan dimana dari segi pengetahuan yang didapatkan dan keterampilan yang diperoleh membantu mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. (2) Persepsi mahasiswa terhadap pemberian layanan oleh jurusan dalam menyiapkan perkuliahan pada progam studi Teknologi Pendidikan sudah cukup memuaskan, hal ini terlihat dari bagaimana pelayanan yang diberikan oleh Pimpinan jurusan, Dosen jurusan serta Pegawai jurusan dalam memfasalitasi mahasiswa sebelum turun kelapangan. (3) Persepsi mahasiswa terhadap peluang kerja bagi lulusan Teknologi Pendidikan umumnya setuju bahwa keterampilan yang diperoleh membantu mahasiswa untuk memperoleh pekerjaan, dimana mahasiswa dibekali dengan kompetensi Teknologi Pendidikan dan mampu menguasai 5 kawasan Teknologi Pendidikan.

 

Kata kunci : Kompetensi, Tenaga Profesional Teknologi Pendidikan


References


Abbas, S. (2008). Manajemen perguruan tinggi. Kencana.

Eldarni. (2012). Implementasi Teknologi Pendidikan Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pembelajaran. Padang.

Fathoni, A. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahmud, M. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana, diterbitkan atas kerja sama dengan Pustekkom-Diknas.

Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafril. (2013). Peningkatan Kompetensi Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Padang.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zen, Z. (2012). Konstribusi Progam Studi Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan Melalui Perspektif Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 258 times
 PDF Downloaded : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.