Abstract


Kurangnya remaja kreatif memiliki imajinasi dan motivasi untuk mengembangkan suatu karya yang dapat diakui oleh banyak peminat dan berpotensi menjadi karya yang dapat dikenang sepanjang tahun, demi mensejarahkan perkembangan suatu negara khususnya Indonesia. perkembangan zaman teknologi dari luar negara membuat remaja kreatif cenderung mengisi waktu luang dengan kegiatan yang tidak teratur. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya yaitu media hiburan yang kurang bermakna dan mendidik, membuat remaja kreatif yang ingin memulai menciptakan suatu karya hanya mendapatkan sedikit dukungan dari peminat sekitar negara. Fokus, waktu dan tenaga remaja kreatif menjadi teralihkan dari perihal yang penting seperti kualitas diri dan masa depan.

Dalam perancangan komik Nigrum Rosis, penulis mengumpulkan data melalui metode BrainStorming dengan menerima berbagai masukan dari narasumber serta ditunjang oleh referensi dan komik oleh penulis lain. Data diolah melalui metode Glass Box. Komik dikerjakan secara manual dan dibantu melalui digital mengunakan komputer dengan aplikasi CorelDraw dan Adobe Photoshop.

Komik Nigrum Rosis dicetak dalam bentuk buku komik berwarna hitam putih dengan total 34 halaman berukuran A5 dengan kertas art paper. Perancangan ini juga didukung oleh media pendukung seperti baju kaos, mug, gantungan kunci, pin, stiker, poster dan x-banner.

Kata Kunci: Edukasi, Imajinasi, Motivasi, Komik, Teknologi