Abstract


Tujuan Tugas Akhir ini adalah merancang sebuah Infografis sebagai media dalam melakukan  Kampanye Hutan Kota kepada masyarakat di kota Padang. Infografis Hutan Kota ini merupakan  media interaktif yang menerapkan unsur permainan dalam menyampaikan informasi. dengan demikian interaksi yang terjadi akan mampu mengubah perilaku target audien melalui kebiasan  bermain dengan media-media yang terdapat pada media utama dan pendukung.


Perancangan Infografis Hutan Kota di Kota Padang dilakukan dengan aplikasi Adobe Photoshop CC, Corel Draw X7, Autodesk SketchUp 2016. Perancangan Infografis Iklan Layanan Masyarakat Hutan kota di Kota Padang memiliki 7 media pendukung yaitu : Instalasi, Flyer, Peta, Stiker, Tshirt, Poster, dan Manual Book.

Metode yang digunakan adalah pendekatan 5W+1H yang dijadikan sebagai konsep dasar pemecah  masalah yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana) dan how (bagaimana). Tujuan  dari analisis 5W + 1 H ini adalah untuk memberi gambaran hasil analisis yang digunakan sebagai  dasar atau landasan penyusunan objektif dan strategi dalam pembuatan. Semua aspek yang terangkum di dalam Perancangan Infografis Iklan layanan Masyarakat Hutan Kota di Kota Padang bisa dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman bagi generasi selanjutnya untuk mencintai serta hidup
berdampingan dengan Lingkungan Hidup di Kota Padang.

Kata Kunci: Infografis, Hutan kota, Iklan Layanan Masyarakat, Kota Padang, Interaktif