PENGEMBANGAN KOMPETENSI MATA KULIAH STRUKTUR KAYU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

M. Agphin Ramadhan, R. Eka Murtinugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi mata kuliah Struktur Kayu di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang didukung oleh pendekatan benchmark, adopt¸dan adapt. Penelitian lapangan dilakukan dalam skala kecil di industri pengolahan kayu, pembandingan dengan usaha jasa pembuatan rumah kayu, penyesuaian dengan mengambil unit kompetensi yang dipelajari di SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, SKKNI dan rancangan perkuliahan di universitas lain. Hasil penelitian menghasilkan model pengembangan kompetensi yang terdiri dari 3 Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang diuraikan pada 20 unit kompetensi.


Keywords


kompetensi, struktur kayu, capaian pembelajaran

Full Text:

PDF

References


BMPTTSI, “Kurikulum Inti Sarjana Teknik Sipil,” Denpasar.

B. R. A. Safitri, H. A. Syafrudie, and Sutrisno, “Relevansi Antara Program Studi Keahlian Teknik Bangunan dengan Pekerjaan yang Diperoleh Lulusan SMK di Kabupaten Lombok Barat,” J. Ilm. Pendidik. Fis. “Lensa,” vol. 1, no. 2, pp. 109–115, 2013.

V. N. Pribadhini, “Studi Kelayakan Ruang dan Peralatan Bengkel Kerja Kayu Program Keahlian Konstruksi Kayu di SMK Negeri 3 Yogyakarta,” Yogyakarta, 2015.

S. A. Rahayu and D. F. Manalu, “Analisa Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan Dan Rangka Atap Kayu terhadap Mutu, Biaya dan Waktu,” J. Fropil, vol. 3, no. 2, pp. 116–131, 2015.

J. A. Tjondro, “Perkembangan dan Prospek Rekayasa Struktur Kayu di Indonesia,” in Seminar dan Lokakarya Rekayasa Struktur, 2014, pp. 1–12.

W. Dewobroto, “Revitalisasi Kayu sebagai Bahan Material Konstruksi melalui Riset dan Pengajaran - Studi Kasus di Jurusan Teknik Sipil UPH,” no. December, 2016.

T. A. Adibroto, “Prospek dan Permasalahan Dalam Transfer Teknologi Lingkungan di Indonesia,” J. Teknol. Lingkung., vol. 3, no. 2, pp. 121–128, 2002.

F. Ismail, Z. Abdul Kadir, and L. Jaes, “Training Needs Analysis on Indonesian Construction Workers Competency in Malaysia,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2.29, p. 1053, 2018, doi: 10.14419/ijet.v7i2.29.14310.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v7i2.108968

Copyright (c) 2020 M. Agphin Ramadhan, R. Eka Murtinugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id