OPTIMIZATION OF CHANGES METHODS OF BAMBOO PILES INTO PVD AHMAD YANI AIRPORT PROJECT

Arif Haidar Nur Shidqi, Mochamad Agung Wibowo, Sriyana Sriyana

Abstract


Rekayasa Nilai (Value Engineering) adalah salah satu teknik untuk mengendalikan biaya yang memiliki potensi keberhasilan cukup besar dengan menggunakan pendekatan analisa nilai terhadap fungsinya. Salah satu cara yang diterapkan menggunakan metode kerja PVD (Pre Fabricated Vertical Drain) karena memiliki waktu yang lebih cepat untuk final settlement, kemudahan dalam metode kerja, dan memberikan peningkatan daya dukung tanah lebih baik. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui Optimasi Perubahan Metode kerja cerucuk bambu menjadi PVD pada pelaksanaan Proyek Pengembangan Bandara Ahmad Yani – Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rekayasa nilai ( Value Engineering) yaitu (1) Informasi, (2) Spekulasi, (3) Perencanaan/Pengembangan, (4) Penyajian. Hasil analisis pemilihan metode kerja PVD dan Cerucuk bambu sebagai berikut : Tinggi timbunan yang ingin dicapai yaitu setinggi 8 m melebihi tinggi kritis, Waktu yang diperlukan untuk tercapainya derajat/proses konsolidasi 90% pada penurunan primer adalah selama 19 tahun, Konfigurasi pemasangan PVD yang direkomendasikan adalah PVD (lebar 100 mm dan tebal 3,5 mm) dengan panjang 20 m dan spasi 1 m dengan konfigurasi segitiga, Dengan pemasangan PVD, waktu yang dibutuhkan untuk tercapainya derajat konsolidasi 90% adalah sekitar 3 bulan, Penurunan konsolidasi dengan konstruksi timbunan bertahap dengan tinggi total timbunan 8 m adalah berkisar 2,7 m sampai 3,0 m, Penimbunan tahap awal dilakukan hingga elevasi pemasangan PVD tercapai yaitu + 3,5 m. Penimbunan berikutnya maksimum sebesar 0,5 m dalam rentang waktu 2 minggu, Deformasi lateral yang terjadi pada area platform slab on pile tergolong berpotensi cukup besar yaitu berkisar 1,07 m sampai 1,23 m pada tahap konstruksi dan 1,19 m sampai 1,35 m pada tahap akhir. 


Keywords


Metode Earned Value, Metode Kerja PVD

Full Text:

PDF

References


Widhiarto Herry, Endah Fatmawai Laily, Beatrix Michella. Jurnal Penelitian LPPM Untag Surabaya. (2018)

Noor Endah Mochtar. Modul Ajar Metode Perbaikan Tanah (RC09-1402): Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS Surabaya. (2012)

Chundawan, Erick. Model Sumber dan Penyebab Rework pada Tahapan Proyek Konstruksi. Tesis. Surabaya: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. (2014)

Herdianto, Ardhan, dan Tanjungsari, Ayunda D. R., Evaluasi Pengerjaan Ulang (Rework) pada Proyek Konstruksi Gedung di Semarang, Jurnal Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. (2015)

Nugraha, Riyanto. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Pik. Mall dan Hotel Untuk Acuan Pengendalian Pelaksanaan Proyek Tahap Berikutnya, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana. (2015)

Nurdiani, Nina, Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang: Cara Pemancangan, Kendala Dan Teknologi Terbaru. Architecture Department, Faculty of Engineering, Binus University. (2013)

Siswanto, Muhammad. Analisis Penyebab Time Delays dan Cost Overruns Dalam Pelaksanaan Proyek Konstruksi Bangunan Gedung di Kota Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala. (2015)




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v7i1.108419

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id