SOSIALISASI PEMILIHAN JENIS PONDASI BANGUNAN PADA DAERAH BERPOTENSI BENCANA DI KECAMATAN ALAM PAUAH DUO KABUPATEN SOLOK SELATAN

Laras Oktavia Andreas, Totoh Andayono, oktaviani oktaviani, Prima Zola, Nidal Zuwida

Abstract


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberdayakan masyarakat. Kegiatan PKM dilaksanakan di Kecamatan Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan. Pemilihan lokasi ini karena daerahnya yang rawan terhadap bencana. Hampir seluruh pemukiman di kecamatan-kecamatan yang berada di tengah-tengah Bukit Barisan berada pada patahan Sumatera yang cenderung membentuk lembah-lembah dan dataran, yang artinya bahwa daerah tersebut berada pada zona ancaman atau bahaya tinggi. Untuk daerah yang berpotensi bencana, masyarakat harus bisa menentukan jenis pondasi yang tepat pada bangunan agar tahan terhadap bencana yang mungkin akan terjadi. Pondasi adalah struktur dasar bangunan yang berfungsi untuk menahan beban yang ada di atasnya. Kegiatan sosialisasi ini akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pemilihan jenis pondasi yang tepat pada daerah yang berpotensi bencana. Sosialisasi dimulai dari menganalisa masalah yang ada, kemudian mencoba mencari solusi dan pemecahan masalah yang diawali dengan survey lokasi, dilanjutkan dengan observasi kebutuhan, mengkoordinasi kegiatan sosialisasi dan masyarakat yang menjadi anggota dari sosialisasi. Setelah semua terkoodinir dengan baik, ditentukan jadwal sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan yang diawali dengan pemberian materi tentang pemilihan jenis pondasi yang tepat pada daerah yang berpotensi bencana dan demonstrasi alat Cone Penetration Test (CPT). Diharapkan dari kegiatan sosialisasi ini masyarakat dapat memahami dan mengetahui tantang jenis pondasi yang tepat pada daerah yang berpotensi bencana dan mendemonstrasikan kepada masyarakat tentang penggunaan alat CPT. Diharapkan juga dari kegiatan ini adalah masukan kepada masyarakat untuk dapat menentukan pondasi yang tepat pada daerah yang berpotensi bencana. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah buku panduan yang dapat menjadi pegangan dan pedomam bagi masyarakat.


Keywords


Sosialisasi, Pondasi Bangunan, Daerah berpotensi bencana

Full Text:

PDF

References


Andayono, Totoh. 2018. Labsheet Mekanika Tanah. Padang: Universitas Negeri Padang.

Badan Standarisasi Nasional. 2009. SNI 2827-2008. Cara Uji Penetrasi Lapangan dengan Alat Sondir. Badan Standarisasi Nasional: Jakarta.

Das, Braja M. 1994. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis)Jilid I dan II. Jakarta: Erlangga.

DTS Penduduk Indonesia Menurut Desa 2010. BPS Provinsi Sumatera Barat (PDF)

Hardiyatmo, H.C., 2006. Mekanika Tanah I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Peta Bahaya Gempa Bumi Zona Patahan Sumatera, BPBD, Provinsi Sumatera Utara, 2013.

Rahardjo, P.P. 2010. CPT dan CPTu. Jakarta: Geotechnical Enggineering Consultant.

Tarmizi, Reza dan Nining (2015) “Laporan PKM : Pengujian Mutu DindingBata di Daerah Pesisir Pantai Kota Padang.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v7i2.107183

Copyright (c) 2020 Laras Oktavia Andreas, Totoh Andayono, oktaviani oktaviani, Prima Zola, Nidal Zuwida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id