PENGARUH PELAKSANAAN PENGALAMAN LAPANGAN INDUSTRI TERHADAP MINAT MEMILIH PROFESI GURU BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Zaipul Annuar, Prima Zola, ST, MT

Abstract


Abstrak - Meningkatnya ketertarikan mahasiswa terhadap profesi di bidang jasa konstruksi setelah melaksanakan Pengalaman Lapangan Industri dapat berdampak terhadap menurunnya minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan untuk memilih profesi guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri, (2) mengetahui minat terhadap profesi guru, dan (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri terhadap minat memilih profesi guru bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini termasuk pada penelitian expost facto dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan pada kategori cukup dengan persentase sebesar 51,11%, minat terhadap profesi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 75,56%, dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri terhadap minat memilih profesi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan.

 

Kata kunci: Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri, Minat, Profesi Guru.


Full Text:

PDF

References


Buku Pedoman Akademik Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Tahun 2014.

Buku Panduan Pengalaman Lapangan Industri Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Tahun 2014.

Ramadhanti, Fitri. (2016). “Pilihan Karir Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Astuti, Oktafiani Putri. (2016). “Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurianda WFE Aromatika. 2018. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Jurusan Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP terhadap Profesi Guru”. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 5, No. 2).

Auzan, Devky. (2016). “Hubungan Minat Kejuruan Bidang Teknologi dan Bangunan Nilai Mata Diklat Kejuruan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Sudarma, Momon. (2014). Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Aryana Syafty Bugis. 2018. “Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Smk Negeri 4 Pariaman”. CIVED ISSN: 2302 – 3411 (Vol. 5, No. 3).

Suprahatiningrum, Jamil. (2016). Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahyudi, Rendi. (2018). “Hubungan Minat Menjadi Guru Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Mulyana, Agus. 2016 “Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru dan Informasi Dunia Kerja terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Path AnalYsis. Bandung: Alfabeta.

Lubis, Syahron. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina.

.Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106235

Copyright (c) 2019 Zaipul Annuar, Prima Zola, ST, MT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id