HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PELAJARAN PENGAWASAN KONSTRUKSI DAN PROPERTI KELAS XI BKP SMK NEGERI 2 SIJUNJUNG

Wahyu Illahi Ramadhan, Drs. Iskandar G. Rani, M.Pd

Abstract


Abstrak - Penelitian ini adalah korelasional, yaitu penelitian yang mempelajari dua hubungan variabel atau lebih. Maka dalam peneletian ini melihat sejauh mana satu variabel mempengaruhi variabel lainya antara disiplin belajar dengan hasil belajar pelajaran  Pengawasan Pelaksanaan Konstruksi dan Properti  kelas XI BKP SMK Negeri 2 Sijunjung tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI BKP SMK Negeri 2 Sijunjung tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI BKP SMK Negeri 2 Sijunjung pada mata diklat Pengawasan Pelaksanaan Konstruksi dan Properti sebanyak 30 siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah angket. Penelitian ini mengunakan dua Variabel yaitu variabel bebas (Variabel Independen) variabel yang mempengaruhi dan variabel Terikat (Variabel Dependen) variabel yang dipengaruhi. Penelitian ini mengunakan teknik analisis data (1) analisis deskriptif, dengan menganalisa data, (2) uji prasyarat analisis dengan menguji normalitas data dan liniearlitas data, (3) uji hipotesis. Pada penelitian ini diketahui bahwa disiplin belajar dengan hasil belajar pelajaran  Pengawasan Pelaksanaan Konstruksi dan Properti terdapat hubungan dengan dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,007 ≤ 0,05 yang berarti ada hubungan dengan tingkat kekuatan hubungan 0,086 berada pada rentang 0,40-0,599 dilihat dari nilai tabel koefisien korelasi.

 

Kata kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Dewan Perwakilan Rakyat.2003. Undang-Undang Republik Indonesianomor 20 Tahun 2003 tentangsistem Pendidikan Nasional.Jakarta

Endang Suziana. Hubungan Hasil Belajar Mmk Dengan Kemampuan Mengajar Mahasiswa PLK FT-UNP. CIVED ISSN: 2302 – 3341 Vol. 5, No. 3

Rizky Ferdian Putra(ed). Hubungan Disiplin Perkuliahan dengan Hasil Belajar Mahasiswamata Kuliah Survey dan Pemetaan 1 Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014. CIVED ISSN 2302-3341 Vol.2,Nomor3,September 2014

JanuardyIlham. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Smkn 5 Padang. CIVED ISSN: 2302 – 3341Vol. 5, No. 3

SMK Negeeri 2 Sijunjung. Nilai Siswa XI BKP tahun ajaran 2018/2019.Sijunjung

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Kamus besar bahasa indonesia.2018.edisi ke lima.jakarta: depertemen pendidikan dan kebudayaan RI.

Arikunto, Suharsimi. ( 2010 ) . Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prayitno, Duwi. 2010.Teknik mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran . Yogyakarta: Gava Media.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106233

Copyright (c) 2019 Wahyu Illahi Ramadhan, Drs. Iskandar G. Rani, M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id