PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR – DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI KELAS X TGB SMKN 5 PADANG

Risa Meidina, Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Preziterhadap hasil belajar Dasar-Dasar Kontruksi Bangunan di kelas X TGB SMKN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jenis penelitian Quasy Experiment dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TGB SMKN 5 Padang.Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X GB 1 yang berjumlah 27 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan X GB 2 yang berjumlah 24 orang siswa sebagai kelas kontrol diambil menggunakan teknik Cluster.Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Prezi mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan yang lebih tinggi. Nilai rata-rata kelas  eksperimenadalah 80,74 sementarakelas yang tidak diberi perlakuan memiliki rata-rata 70,21. Uji hipotesis menunjukkan t-hitung lebih tinggi dari t-tabel (3,803>2,010). Kesimpulannya, terdapat pengaruh media pembelajaran Prezi terhadap nilai pembelajaran.

 

Kata Kunci: Prezi, KKM, Hasil Belajar, Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan.

Full Text:

PDF

References


Muhammad Amin Embi. (2011). Aplikasi Web 2.0 Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran. Malaysia: Pusat Pembangunan Akademik UKM.

Azhar Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers .

Oemar Hamalik. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara..

Agus Suprijono. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Heidi Hayes. (2014). Mastering Media Literacy. Bloomingtoon: Solution Tree Press

Fiezsya Puti Chadramica. (2017). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gunung Terang Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017”. Universitas Lampung.

Sugiyonoo. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Nana Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Ranny Yulia, M. Husni, Juniman Silalahi. “Pengaruh Penggunaan Media Model Terhadap Hasil Belajar Ilmu Bangunan Gedung Kelas X Teknik Bangunan SMKN 1 Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol 1, Nomor 1. Universitas Negeri Padang. (2013).

Ibrahim Ikhsan SM, Iskandar G. Rani, Oktaviani, An Arizal, “Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statika di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UNP”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol 5, No 1. Universitas Negeri Padang. (2018).

Nuzulul Joreateta Bangun, Rijal Abdullah, Indrati Kusumaningrum, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Bisnis Konstruksi Dan Properti SMKN 2 Solok,” CIVED ISSN 2302-3341 Vol 5, No 3. Universitas Negeri Padang. (2018).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106230

Copyright (c) 2019 Risa Meidina, Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id