PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X DPIB SMK DHUAFA PADANG

Rina Sri Yulastri, Drs. Juniman Silalahi, M.Pd

Abstract


Abstrak― Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum sesuainya model pembelajaran yang digunakan guru  dengan karakteristik mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa Kelas X DPIB SMK Dhuafa Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment(eksperimen semu) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Dhuafa Padang yangterdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2. Pengujian instrumen dilakukan di sekolah yang sama, pada Kelas XI DPIB yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 26 soal. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan t-test diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa Kelas X DPIB SMK Dhuafa Padang.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran TPS, Hasil Belajar, Mekanika Teknik

Full Text:

PDF

References


Asma, Nur (2012). Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Padang Press

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rahmawati, A (2015). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mekanika Teknik Melalui Media pembelajaran Inovatif. CIVED ISSN: 2622-6744 (Vol. 5., No. 4)

Trianto (2012). Mendesain Model Pebelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

Jihad, Asep & Abdul Haris (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Syah, Muhibbin (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatiningrum, Jamil (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Isjoni (2013). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina (2015). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Komputer. Jakarta: Kencana.

Darmansyah & Regina Ade Darman (2017). Strategi pembelajaran. Bukittinggi: Erka.

Huda, Miftahul (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, Riska Dewi (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. CIVED ISSN: 2407-6295 (Vol. 10., No.1)

Silalahi, Juniman (2009). Mekanika Struktur Jiid 1. UNP Press Padang.

Suryabrata, Sumadi (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi (2012). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Riduwan (2010).Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Nurhayati (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal. Universitas Negeri Padang.

Rahmatun Nisa (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal. Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106229

Copyright (c) 2019 Rina Sri Yulastri, Drs. Juniman Silalahi, M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id