PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 SUMATERA BARAT

Rahma Dwi Putri, Drs. Iskandar G. Rani, M.Pd

Abstract


Abstrak - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi Mekanika Teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik di Kelas X Teknik Konstruksi dan Properti (TKP)  SMKN 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah The Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKP SMKN 1 Sumatera Barat. Pada penelitian ini terdapat 2 kelas yaitu, Kelas X DPIB A sebagai kelas eksperimen dan Kelas X DPIB B sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest siswa yang diberikan sebelum perlakuan dan hasil posttest siswa yang diberikan setelah perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas. Berdasarkan perhitungan hipotesis dengan uji-t, diperoleh thitung sebesar 2.226, nilai tersebut lebih besar dari ttabel sebesar 2.042. thitung > ttabel menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa yang menggunakan model NHT dengan model konvensional pada mata pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TKP di SMKN 1 Sumatera Barat.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar, Mekanika Teknik

Full Text:

PDF

References


UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Struktur Kurikulum SMK ( Perdirjen Dikdasmen No 07/D.D5/KK/2018)

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S.B, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ibrahim. M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Novierza. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X MAN X Koto Singkarak. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi ISSN: 2355-6064 (Vol. 3, No 1)

Marwan Syafei. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Pariaman. CIVED ISSN: 2622-6774 (Vol. 5, No. 4)

Nuzulul Joreateta Bangun. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 5, No. 3)

Zulafatah Ahmad. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah Berkombinasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Tanjung Raya. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 3, No. 2)

A. Muri Yusuf. 2013. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press Padang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Azwar, Syarifudin. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anas Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta : Bumi Aksara.

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106226

Copyright (c) 2019 Rahma Dwi Putri, Drs. Iskandar G. Rani, M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id