TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FT UNP TENTANG KOMPETENSI DASAR MENGAJAR DALAM MENGHADAPI PPLK

Meri Utari, Drs. Iskandar G. Rani, M.Pd

Abstract


Abstrak – Pelaksanaan PPLK memberikan kesempatan kepada mahsiswa untuk berlatih mengajar dan menerapkan materi yang telah dipelajari selama dibangku perkuliahan akan tetapi mahasiswa terkendala dalam menghadapai PPLK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP terhadap keterampilan dasar mengajar dalam menghadapi PPLK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakn di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016,  yang akan melaksanakan PPLK pada periode Juli-Desember 2019 yang berjumlah 49 mahasiswa sekaligus dijadikan sampel. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan penilaian guttman. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus penentuan kriteria penilaian. Uji validasi menggunakan bantuan SPSS versi 16.0 for windows sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus K-20.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP terhadap keterampilan dasar mengajar dalam menghadapi PPLK berada pada kategori baik.

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Keterampilan Dasar Mengajar, PPLK

Full Text:

PDF

References


Pedoman Akademik Universitas Negeri Padang. (2014). Padang. UNP

Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamalik, Oemar. (2009). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pedoman Pelaksanaan dan Penilaian Program Pengalaman Lapangan Kependidikan. (2018). Padang: UNP.

Arsyad Fachromi (2014).”Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP saat PPLK di SMKN se-Kota Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 2, No. 3).

Yuhendri (2014). “Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Selama Mengikuti Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Menurut Presepsi Guru Pamong Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP”. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 2, No. 2).

Prima Ananta Dwi Putra. (2015).Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang Tentang Tugas-Tugas Guru. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 3, No. 3).

Saifuddin (2012). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish

..Kunandar. (2007). Guru profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

.. Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sembiring, M. Gorky. (2009). Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur: Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta: Penerbit Best Publisher.

Widyoko, Eko Putra (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106225

Copyright (c) 2019 Meri Utari, Drs. Iskandar G. Rani, M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id