PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP JURUSAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK (STUDI KASUS DI SMPN 4 KECAMATAN PAYAKUMBUH)

Fajri Harmi, Drs. Revian Body, MSA

Abstract


AbstrakPenelitian ini berawal dari rendahnya jumlah siswa SMP Negeri 4 Kecamatan Payakumbuh dari tahun 2016 sampai 2018 yang melanjutkan pendidikan ke SMK Jurusan Teknik Bangunan. Berdasarkan permasalahan maka tujuan penelitian ingin mengetahui persepsi siswa SMP Negeri 4 Kecamatan Payakumbuh terhadap Jurusan Teknik Bangunan ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan jumlah populasi 100 orang siswa SMP kelas VIII dan IX semester Juli-Desember 2019. Sampel penelitian  sebanyak 80 orang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling, Pengumpulan data menggunakan angket dengan Skala Likert terdiri dari 4 pilihan jawaban. Uji coba penelitian dilakukan kepada 30 orang siswa kelas VIII dan IX. Jumlah pernyataan angket penelitian 24 Butir. Hasil penelitian mengungkapkan persepsi siswa SMPN 4 Kecamatan Payakumbuh terhadap Jurusan Teknik Bangunan ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi sebagai berikut. Sub indikator perhatian  masuk  kategori cukup, sub indikator keadaan fisik masuk kategori kurang, sub indikator kebutuhan masuk kategori cukup. Sub indikator informasi masuk kategori cukup, sub indikator pengalaman masuk kategori cukup. Dapat disimpulkan, Persepsi Siswa SMPN 4 Kecamatan Payakumbuh ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pada kategori cukup.

baik.Kata Kunci: persepsi, siswa SMP, Teknik Bangunan, faktor-faktor mempengaruhi persepsi

Full Text:

PDF

References


Aditya Bayu Ariyantara. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa SMPN 4 Wates terhadap proses pembelajaran permainan bola basket. Universitas Negeri Yogyakarta.

Amyuriski. 2013. “Studi Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 1, Nomor 2, Juni 2013.

Anas Sudijono. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Bimo Walgito. 2003. Psikologi sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Citra Ayu Noviani. 2016. “Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Gambar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI TGB di SMKN 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2014/2015”. CIVED ISSN 2302-3341.

Isbandi Rukminto Adi. 1994. Psikologi, Pekerjaan, dan Kesejahteraan Sosial

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasbahry Cauto. 2010. Pengantar Metodologi Desain. Percetakan UNP Press.

Nino Afrisandi. 2015. “Persepsi Guru Tentang Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Proses Pembelajaran di SMK 5 Padang”. CIVED Issn 2302-3341 Vol. 3, Nomor 3, September 2015.

Riduwan. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian. 2004. Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syahron Lubis. 2011. Kumpulan Bahan Kuliah Metodologi Penelitian. Fakultas Teknik UNP.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106222

Copyright (c) 2019 Fajri Harmi, Drs. Revian Body, MSA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id